Human Capital Development, Management, New Article

Apakah Motivasi Selalu Meningkatkan Kinerja ? (Teori Herzberg menurut Christkaizen)

Kalau pernah tahu Teori Motivasi Herzberg, maka ada dua faktor atau prinsip yang mempengaruhi kepuasan, dalam hal ini adalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau pekerja. Dua prinsip atau faktor ini adalah:

  1. Hygine Factor (Kondisi lingkungan kerja, Hubungan Antar Individu, Kebijakan dan Peraturan, Kepemimpinan, Gaji, Kompensasi, Jam Kerja, dan sebagainya)
  2. Motivator Factor (Rekognisi, Tanggung Jawab, Pengembangan Diri, Tanggung Jawab, Penghargaan, Kesempatan, dan sebagainya

Hygine Factor, berkaitan dengan lingkungan di sekitar pekerja, sedangkan Motivator Factor, berkaitan dengan si pekerja atau orangnya langsung. Jadi menurut Herzberg, untuk meningkatkan motivasi, dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi pekerja, dan meningkatkan faktor lingkungan, atau dengan kata lain, meningkatkan Kepuasan dan menurunkan Ketidakpuasan dapat meningkatkan motivasi.

Menurut saya, dalam dunia kerja, adanya Motivasi dan Keluhan kedua-duanya adalah sama-sama berdampak terhadap si Pekerja maupun Pekerjaan, dan akhirnya berpengaruh terhadap Kinerja

Apakah Motivasi selalu meningkatkan kinerja dan apakah Keluhan selalu menurunkan kinerja? Jawabannya Belum Tentu. Seiiring dengan perubahan generasi dan dampaknya terhadap perilaku organisasi, maka dapat dikatakan bahwa motivasi yang baik atau tinggi belum tentu meningkatkan kinerja, dan berdampak terhadap peningkatan produktivitas maupun profit. Motivasi dapat menjadi bumerang bagi investasi yang sebenarnya sangat intangible untuk diukur tingkatannya. Investasi atau biaya yang sudah dikeluarkan untuk meningkatkan Motivasi, belum tentu dapat kembali Return meningkatkan kinerja maupun keuntungan bagi organisasi, dan hal ini sulit untuk dukur seberapa besar impactnya.

Teori Herzberg mengenai faktor Motivator dan Hygine yang saya tampilkan, agaknya yang paling cocok untuk menggambarkan keterkaitan antara peningkatan faktor kepuasan dan penurunan faktor ketidakpuasan, walaupun belum mengggambarkan secara jelas tingkat pengaruh motivasi terhadap kinerja. Dalam matriks Herzberg, bahwa ketidakseimbangan antara dua faktor tersebut, berdampak terhadap pekerjaan. Dalam kondisi berat sebelah menimbulkan masalah atau gap. Satu sisi, mempengaruhi diri pekerja, walaupun tercukupi secara fisik, tapi terbeban pikiran. Sisi yang lain, pekerja nyaman, tapi dengan beban fisik yang berat. Dua hal yang dilematis. Dalam hal ini Herzberg menurut saya, mendorong untuk dua faktor ini ditingkatkan supaya dari diri si pekerja dan keadaan lingkungan pendukungnya dalam kondisi terpenuhi dan berimbang.

Pemenuhan kedua faktor ini diasumsikan dapat mendorong kinerja, karena terciptanya kondisi “Fun dan Exciting Job”. Bisa Benar, Bisa Juga Tidak. Organisasi dengan High Quality Capital Human Asset mungkin akan berdampak signifikan, apalagi dengan spesialisasi skill dan teknologi pendukung yang handal. Coba anda pikirkan, ketika organisasi yang menggunakan atau mengandalkan dominansi High Quantity Human Resources, apalagi pekerjaannya banyak dilakukan secara manual. Apakah dengan kondisi “Fun dan Exciting Job” selalu mendorong produktivitas. Anda bayangkan, sebuah perusahaan manufaktur dengan tenaga operator yang menggerakan mesin atau line, diberi kondisi yang “Fun dan Exciting”, atau perusahaan logistik, yang pekerjanya sedang picking barang diberi hal-hal yang menarik dan menyenangkan. Hmmm…sepertinya kurang cocok yah. Saya ingin mengajak anda untuk memetakan kembali, organisasi atau perusahaan anda bekerja ada di kategori yang mana. Atau memang bisa dalam satu organisasi dengan multi fungsi menerapkan kondisi kombinasi dua faktor secara variatif tergantung kebutuhan.

Jadi dapat saya simpulkan, secara linear Teori Herzberg bisa dikatakan sesuai secara teori tapi hanya berlaku pada perusahaan tertentu saja. Sedangkan dalam kondisi organisasi yang berbeda, mungkin tidak selalu antara faktor Motivator dan Hygine harus ditingkatkan dua-duanya. Perlu ada kajian praktis dalam penerapannya sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan anda

Demikian saya bagikan ke anda, semoga bermanfaat ya

O iya sekarang christkaizen.com sudah sah mendapatkan HAKI untuk Hak Merek sejak April 2021, dan sertifikatnya sudah ada

Selamat dan Terima kasih atas dukungannya. Salam Sukses

chriskaizen.com, Januari 2023

Advertisement

About christkaizen.com

change never happen without action

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

logo-komunitas-blogger-indonesia-border-hitam

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 554 other subscribers

Disponsori oleh

MASYARAKAT PECINTA ALAM -BEKASI ADVENTURE TEAM (MPA-BAT)

Suka adventure, travelling, outdoor activity, disinilah tempatnya

Bekasi Adventure Team

Nunchaku Community -komunitas internasional nunchaku freestyler

TWEET ME

%d bloggers like this: