Human Capital Development, Impondarable, Management, Training & Development

Konsep People Development – Focus on People not the Process

Mungkin rekan-rekan sangat familiar dengan konsep training and development atau learning ang development. kali ini saya mencoba membahas dengan sebuah konsep yaitu people development.

Training and development atau pelatihan dan pengembangan…hmmm…merupakan sebuah proses dimana karyawan dilatih dan dikembangkan dengan berbagai program dan metode agar dapat berkontribusi optimum bahkan maksimum bagi organisasi…koreksi yah kalau saya salah. paling tidak yah mendekati itul ah

Learning and development atau pembelajaran dan pengembangan…hhhmmm…merupakan sebuah proses dimana dibangun suatu kondisi sehingga tidak hanya dilatih skillnya lewat training tetapi keseluruhan konsep termasuk pengetahuan dan informasi menjadi bagian penting pembentukkan perilaku karyawan.

Biasanya organisasi yang sudah maju akan bertransformasi dari training and development menjadi learning and development. Bentuk atau perwujudan dari training and development adalah dengan adanya Training Center, nah kalau learning and development identik dengan Learning Center dengan atribut khasnya yaitu Knowledge Management…edddaaan..keren khan. KM atau Knowledge Management dari kata-katanya saja berarti mengelola pengetahuan, bentuk fisiknya biasanya dibuatlah perpustakaan dan berbagai infrastruktur dan sarana dimana berbagai media pembelajaran dibuat untuk mencapai tujuan pengembangan karyawan dan bahkan perubahan perilaku (sebenarnya kurang sepakat dengan konsep perubahan perilaku, karena sama dengan merubah agama dan keyakinan seseorang).

Kalau perusahaan atau organisasinya miskin…sori…low profit-no profit…sori lagi…pelit mungkin juga bisa..bagaimana cara melakukan hal-hal tersebut di atas? yang penting karyawan digaji, juga sudah cukup. Bekerja menjadi sebuah hal yang rutin karena organisasi juga tidak melihat pengembangan bisnis menjadi suatu hal yang penting seperti organisasi atau perusahaan-perusahaan yang sudah besar seperti Pertamina, PLN, Telkom, Astra, Toyota, Bakrie ,Djarum, dll..Alfamart  boleh juga lah buat contoh.

Lalu bagaimana strateginya? melalui konsep People Development. Mungkin sudah banyak yang mendengar bahwa namanya saja yang beda tapi isinya tetap sama. Betul sekali jawaban orang-orang itu… kalau orang yang analisis dan kemampuan manajerialnya rendah jawabannya seperti itu..upsss sori jangan marah yah…saya juga gak pinter-pinter banget

Begini, people development secara implementasi hampir sama dengan yang dilakukan oleh training dev. dan learning dev. tetapi secara konseptual ada hal yang prinsipil berbeda dan secara metode aplikasi adalah modifikasi dan kombinasi dari training and development…ko bisa begitu?? Yup karena prinsip people development adalah fokus kepada orang, bukan terhadap proses seperti training dev. dan learning dev. Fokus kepada karyawan sebagai faktor input dari sebuah proses dan faktor output hasil dari proses. Sebagus apapun prosesnya tapi kalau peoplenya tidak bisa menjalankan dengan baik maka menjadi tidak efektif dan efisien, dalam beberapa hal memang proses ada yang bersifat wajib biasanya karena prosedur. Padahal prosedur yang buat, melaksanakan, menilai adalah orang juga. Ingat yang menjalankan semua hal tersebut adalah orang, orang didalam dirinya juga berproses, tidak sama dengan benda mati.

Dasar saya memang orang aneh…..terus bagaimana caranya, supaya menjadi lebih efektif dan efisien

Saya pernah bekerja di sebuah perusahaan yang jumlah tim training/learning dev. nya itu sampai 70 orang lebih bahkan 100. tapi untuk pelatihan tetep pake konsultan. alasannya jumlah karyawannya banyak 50.000 s/d 100.000. Banyak yah. Itulah karena manajer terlalu mengagung-agungkan yang namanya rasio, MPP, dll. (masih inget tulisan aye yang manajer vs leader kan). Sehingga rasio menjadi patokan, Nanti kalau karyawannya sudah 1 juta tim trainingnya jumlahnya 1000- 2000 orang dong. Buanyak amat….Dai sejuta umat (H. Janinudin MZ) aja timnya paling banyak 10 orang.

Begini, pertama kita harus paham dulu konsep tentang “People”. Apa sih sifat/karakter/watak/keinginan orang. Banyak dan berbeda-beda. Apa yang paling mendasar? yang jelas semua orang dalam hal ini karyawan ingin yang enak-enak aja kan, wajar namanya juga manusia, memahami hal ini adalah penting..Apa ada karyawan yang pengen yang gak enak atau susah. kan gak ada…kalau pun ada, pasti karyawan yang gila,stress, putus asa. Ok sekarang yang serius…..Bagaimana hal-hal tersebut bisa berjalan?

satu. People/karyawan menurut Maslow mempunyai tingkat kebutuhan. Tingkat kebutuhan inilah yang harus dipenuhi sesuai dengan porsinya tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Menyadari bahwa potensi seseorang berharga. Manusia perlu dihargai. Bagaimana kita bisa tahu kalau sesorang berharga. Mudah, seseorang yang menghargai dirinya sendiri pastilah layak dihargai.

dua. Buat konsep dasar tentang SDM contoh yang umum dan berlaku di banyak perusahaan seperti Kompetensi, dll

tiga. Membuat karyawan paham bahwa dirinya adalah aset penting, potensial, bangga, hormat terhadap perusahaan. Menanamkan pemahaman bahwa dengan pengetahuan, skill dan segala kontribusi yang mereka miliki dapat menjaga eksistensi perusahaan bahkan berkembang, tidak hanya dari strategi bisnis yang disiapkan oleh owner, tetapi karena keinginan karyawan itu sendiri yang membuat organisasi maju dan berkembang. Jangan lupa di awal perekrutan disampaikan juga bahwa organisasi tempat mereka bergabung adalah tempat mereka mengaktualisasikan diri. Dengan bergabungnya mereka, organisasi ini berkembang, karena keunggulan mereka organisasi menjadi lebih maju. Karyawan direkrut karena memang dibutuhkan, dan mereka akan mendapatkan hak sesuai sumbangsih mereka. Jangan melihat segala sesuatu dari sisi buruknya saja, tapi fokus dan ingat selalu pada sisi baik. mindsetnya adalah karyawan yang membutuhkan pengembangan dirinya bukan organisasi yang membutuhkan.

empat. Untuk 3 hal di atas umum sih, general banget. Karyawan bukan robot tapi manusia yang ingin dihargai, dihormati, dipuji, dilatih, dikembangkan. Kita harus paham dan memberi pemahaman pada karyawan bahwa mereka butuh untuk belajar. Susah yah…hei itu tugas dari tim People Development. fokus pada kemauan orang untuk belajar, bukan pada hal atau proses yang meeka harus pelajari

lima. Beri kesempatan kepada karyawan untuk menilai dirinya sendiri dan memikirkan cara terbaik apa menurut versi mereka dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya. Berdayakan karyawan yang memiliki skill dan knowledge yang tinggi untuk mengembangkan karyawan lainnya dengan cara mereka sendiri. Tim HRD memonitoring dan mengarahkan pergerakan mereka dengan tools yang sudah disiapkan.

enam. bergaul dengan semua karyawan di semua lapisan. tidak hanya pimpinannya saja.

tujuh. mempunyai prinsip “semua orang butuh belajar, kapan dan bagaimana caranya bukan sesuatu yang harus dipaksakan. Orang yang belajar dengan hati dan kemauan yang kuat, hasilnya lebih efektif.” Memaksakan karyawan untuk dilatih dan dikembangkan hampir tidak jauh berbeda hasilnya dengan memaksakan kehendak yaitu penolakan

delapan. “nature will finds its way to recovered” artinya zona kenyamanan memang harus ada dan dipelihara. Bekerja dengan suasana nyaman, tanpa tekanan membuat pikiran lebih fokus dan kreatif. Menurut saya, salah caranya ketika kita memaksa karyawan untuk lepas dari zona kenyamanan. “the law of diminishing of marginal return” dalam teori ekonomi membuktikan bahwa ada titik puncak dari zona kenyamanan sehingga pada saatnya nanti membuat nilai kenyanan menjadi turun, saat itulah saat yang tepat menyalurkan “pencerahan” bagi mereka

sembilan. Tim People Development harus tegas dalam layak atau tidaknya karyawan tersebut dipertahankan…ingat buah yang busuk menyebabkan masalah, harus dibuang. Dalam hal ini, tim butuh kejelian dan crosscheck 360 derajat serta proses konseling. Manusia kadang terlena, wajar jika diingatkan. terlalu terlena tidak baik. Nilai Output/Kontribusi harus sebanding dengan zona kenyamanan. Semakin tinggi zona kenyamanan semakin tinggi output sampai pada titik tertentu. Yang tidak bisa diterima adalah ketika zona kenyamanan tinggi outputnya malah rendah, berarti virus merajarela, eradikasi solusinya.

sepuluh. konsisten

Mungkin teman-teman bingung dan kurang sepaham…ya nggak apa-apa, kan ini tulisan saya, jadi suka-suka saya juga.

Oke…bentuk konkritnya apa dari implementasi hal tersebut. Teman-teman pasti tahu tentang performance evaluation, competency assesment. Manfaatkan dan Jalankan dengan baik dan sebagaimana mestinya. Jangan dipusingkan dengan TNA, level evaluasi dsb. Memang itu penting tapi bukan segalanya. Ingat sakit kepala, flu, sakit perut, sakit mata, gatel2 penyembuhannya dengan metode dan obat yang berbeda-beda. training dan learning hanya segelintir obat diantara obat-obat yang ada di seluruh dunia ini. Training bukan satu-satunya jawaban dari ketidakbisaan seseorang. Keinginan yang Kuat adalah jawaban pasti dari semua proses menuju keberhasilan dan pantang menyerah adalah mental yang dibutuhkan dalam menghadapi kegagalan.

Demikian sedikit bahan untuk teman-teman. Semoga bermanfaat ya..

Christkaizen

About christkaizen

change never happen without action

Discussion

3 thoughts on “Konsep People Development – Focus on People not the Process

  1. artikelnya bagus,, bermanfaat sekali

    Posted by Dine Anggraini | 23 December 2014, 6:34 am
  2. Gak nyangka, lagi searching tentang people development dan langsung tertarik sama link ini, eh….. ternyata yang nulis Pak Chris, salah satu trainer hebat-nya Alfamart (sudah mantan juga ya, heheheeheee)….

    Masih inget banget Rumus Segitiga pas di Jump N Grow (terkadang kangen juga sama kegiatan ini ^^). Pak, masih inget saya gak? Heheheeeheeee…..

    Sukses terus buat Pak Chris ^^

    Posted by Ossy Tiara | 24 June 2015, 4:45 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

logo-komunitas-blogger-indonesia-border-hitam

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 1,091 other followers

MASYARAKAT PECINTA ALAM -BEKASI ADVENTURE TEAM (MPA-BAT)

Suka adventure, travelling, outdoor activity, disinilah tempatnya

Bekasi Adventure Team

Nunchaku Community -komunitas internasional nunchaku freestyler

Picture Of The Week

Belanja Produk Fesyen – Klik Link Di Bawah ini

%d bloggers like this: